Be Healthy & Beautiful with Us

021-83787082 | 0811-163631 | info@klinikvikrist.com

Lilis Christine, Akupunktur Taklukkan Asma

Lilis Christine, Akupunktur Taklukkan Asma

Asma bisa disembuhkan dengan pengobatan Akupunktur. Menurut prinsip pengobatan tradisional Cina (TCM), asma bukan hanya bisa dikendalikan, tetapi juga bisa disembuhkan. “Asma bisa sembuh, asal pasien menjaga pola hidup sehat dan berusaha menghindari faktor-faktor pemicunya.”

Sama dengan kedokteran modern, pemicu asma bisa berupa cuaca yang dingin, bau-bauan atau wangi tertentu, tungau, debu, bulu binatang dan berbagai sumber alergi lain. Dari sisi psikis, stress juga bisa memicu serangan asma.

Pada anak-anak, asma sering dipicu oleh gangguan emosi, seperti terlalu marah atau stress. Masalah kekebalan tubuh atau alergi, sinusitis juga bisa menyebabkan serangan asma.

Pada dasarnya asma adalah keadaan saluran pernapasan yang mengalami penyempitan akibat peradangan atau inflamasi. Dalam keadaan seperti ini pasien mengalami sesak napas, mengi, dada berat, batuk-batuk menjelang dini hari.

Pengobatan dengan tehnik akupunktur membagi penyakit asma menjadi 2 macam, yaitu asma dingin dan panas. Asma Dingin penyebabnya adalah faktor luar angin dingin (Yin). Gangguan ini mengacaukan peredaran Qi (energi) di paru-paru, sehingga terjadi sesak napas, pernapasan terganggu, tenggorokan berbunyi, reak encer, berwarna putih. Biasanya tidak suka minum. Gejala lain adalah sakit kepala, demam, tetapi tidak berkeringat.
Adapun gangguan asma panas disebabkan oleh pola makan dan pola hidup. Penderita asma yang panas ini menyukai makanan yang terlalu asin, pedas, gurih dan manis. Gejala asma panas ini adalah sesak napas, tenggorokan berbunyi, reak kental dan susah dikeluarkan.

Perbedaan antara asma dingin dan asma panas terdapat pada warna wajah pasien. Penderita asma panas, wajahnya kemerahan, suka sekali minum, sakit kepala terus-menerus dan berkeringat panas.
Pasien disarankan menjalani 1 siklus terapi sebanyak 12 kali, yang dijalani seminggu 2 kali.

Bagi anak-anak dan bayi penderita asma juga bisa diterapi dengan akupunktur. Tentu caranya berbeda dengan orang dewasa. Terapi akupunktur bisa dikombinasikan dengan pengobatan kedokteran modern, tidak ada kontraindikasinya, malah hasil lebih cepat dan baik.
Satu tips penting dalam menaklukkan penyakit asma adalah meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh. Semakin sehat tubuh kita, semua pemicu alergi bisa dikalahkan oleh tubuh kita sendiri.

Sumber : Tabloid Gaya Hidup Sehat No.501 periode 20-26 Februari 2009